Kategori Media Penyimpanan


KATEGORI MEDIA PENYIMPANAN



Computer Data Storage (Penyimpanan Data Komputer) adalah media yang digunakan dalam menyimpan berbagai macam data digital yang tersimpan dikomputer. Sehingga data yang telah tersimpan dapat dibuka dan dibaca kembali oleh pengguna. 

Media penyimpanan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

1.        Memory Internal : memori yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan didalam memori utama dapat berupa data atau program.

Fungsi dari memori utama :

a.    Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran

b.    Menampung program atau instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder.



Jenis memory Internal :

a.    ROM (Read Only Memory) :
    perangkat keras pada computer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menghilang walaupun satu dayanya dimatikan. ROM pada komputer disediakan oleh vendor computer dan berisi program atau data. Didalam PC, ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System). Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika computer mulai dihidupkan.


b.    RAM (Read Acces Memory) :


   jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama computer dihidupkan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Memori ini berjenis volatile yaitu data yang tersimpan akan hilang jika satu dayanya dimatikan.



2.        Memori Eksternal :
     
       

      memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Memori ini termasuk ke dalam perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, diluar memori utama. Contoh: Hardisk, Flash Disk maupun Floppy Disk. Pada dasarnya konsep dasar memori eksternal adalah menyimpan data bersifat tetap (non-volatile), baik pada saat computer aktif atau tidak

Memori jangka pendek : RAM

Memori jangka panjang : Magnetik dan optical disk


MACAM-MACAM MEDIA PENYIMPANAN :

1.       Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)


Penyimpanan magnetik merupakan media penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. 

Kelebihan dan Kekurangan  :

§  Kelebihan : kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan kecepatan akses datanya tinggi.

§  Kekurangan : Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.



Cara Kerja penyimpanan magnetic :

a.    Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan diatas permukaan piringan tersebut

b.    Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector.

c.    Cakram fixed-head memiliki satu head untuk tiap-tiap track, sedangkan cakram moving-head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras) hanya memiliki satu head yang harus dipindah-pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

Fixed Head Disk : memiliki head untuk setiap track, sehingga computer dapat berpindah dari track ke track lain dengan cepat tanpa perlu memindahkan head.


Macam-macam media dari Magnetik Disk :

a.    Floppy Disk (Disket) :

      media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras.


b.    Harddisk Eksternal :
  
   Media penyimpanan seperti halnya flashdisk yang menggunakan media penghubung USB ukurannya lebih tipis dari hardisk Komputer, kapasitasnya sama dengan harddisk internal yang bisa dipakai dimana aja baik computer ataupun laptop.

c.   Flashdisk :
     

    media penyimpanan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, flash disk dihubungkan pada komputer melalui USB (Universal Serial Bus), akses datanya lebih cepat daripada CD/DVD

d.    MMC (Memory Card) :


    media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan komputer dan elektronik. Seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod.

e.     Zip Drive :
   media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750MB.

2.        Media Penyimpanan Optikal (Optical Disk)

     

Penyimpanan optikal adalah media penyimpanan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser yang bertenaga rendah. 

Kelebihan dan Kekurangan 
§  Kelebihan : beratnya lebih ringan dari pada media penyimpanan Magnetik Disk.
§  Kekurangan : Kapasitas memorinya lebih kecil dari magnetik disk dan jika tergores maka beresiko data tidak akan terbaca oleh computer.
Cara Kerja Penyimpanan Optikal :
Media Penyimpanan tersebut berputar dengan sangat kencang (putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca data melalui optic yang berada pada perangkat pembacanya. 
Macam-macam media penyimpanan Optikal
a.    CD (Compact Disk) : jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulian data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optic jauh lebih tinggi dari pada disket.

b.    CD-ROM : digunakan untuk penyimpanan data yang bersifat read only atau hanya dapat dibaca saja. Data yang disimpan pada CD-ROM berupa teks, grafik, gambar, dan sebagainya. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya. CD-ROM memiliki kapasitas rekamnya antara 650 Mb sampai 700 Mb/s.

c.    CD-R (CD Recordable) : jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket. Namun isinya tidak dapat di ubah kembali.

d.   WORM (CD-WORM / Write once read many) : perekaman yang dilakukan oleh CD-WORM hanya bisa dilakukan satu kali saja. Sesudah perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu, video, dll.

e.    CD-RW (Compact disk rewiteable) : CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs. CD-RW drive digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar dihampir semua player atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

f.     DVD (Digital Video Disc) : DVD memiliki kapasitas penyimpanan jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa yaitu mencapai 9 Gbytes. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan dengan CD-ROM. 1 kali DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.

3.        Media Penyimpanan Chip

Media penyimpanan chip terdapat SSD (Solid State Drive atau Solid State Disk) adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

Perangkat SSD menanamkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten. 


sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Media_penyimpanan_data_komputer

Komentar