Menjadi Seorang Android Programming


ANDROID PROGRAMMING
Dengan melihat gambar robot hijau yang memiliki antenna ini pasti kalian sudah mengetahui kan logo apakah itu? Ya benar logo tersebut adalah logo untuk sebuah sistem operasi yang terdapat pada mobile yaitu Android. Namun dibalik itu terdapat beberapa orang yang ingin mengembangkan aplikasi didalam android loh. Orang tersebut dinamakan dengan android programming. Sebelum membahas android programming, ada baiknya kita mengetahui apa itu android dan android programming?
Android adalah software untuk perangkat mobil yang mencakup sistem operasi. Untuk pengembangan aplikasi pada platform android menggunakan Bahasa pemrograman Java.
Programming adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan mengguanak Bahasa pemrograman. Mereka memiliki banyak kemampuan yang terdiri dari berbagai level, handal dalam menulis kode, dan mengerti algoritma
Jadi android programming adalah orang yang mampu mengembangkan aplikasi dalam android mobil  dengan memiliki banyak kemampuan dalam menuliskan kode dan mengerti algoritma.

Lalu Tools apa saja yang digunakan pada android programming?
Tools yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi android programming dari perusahaan Google yaitu : 
a.   Android Studio
    Android studio adalah tool IDE (Integrated Development Environment) resmi dari google untuk
    pembuatan aplikasi android. Didalam android studio sudah tersedia editor kode, contoh kode,
    integrase dengan Github dan banyak lainnya yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi android.
   

b.  Android Developer Tools For Eclipse

     Android developer tools ini biasa digunakan pada perangkat lunak eclipse agar dapat digunakan
    oleh pengembang android. Tools ini juga berupa plugin. Namun saat ini Android Developer Tools
    perlahan-lahan ditinggalkan oleh Google dan dialihkan ke Android Studio

Langkah-Langkah Apa saja yang harus dilakukan dalam pembuatan aplikasi android programming:


a.         Analisa Kebutuhan 
Pada tahap ini yang dilakukan oleh seorang programmer adalah pengumpulan data-data yang dibutuhkan. Sumber yang didapat bisa berasal dari buku, wawancara, atau menyebarkan kuesioner kepada user. 
b.        Desain Sistem 
Setelah mendapatkan informasi dan data-data yang dibutuhkan, tahap selanjutnya adalah melakukan desain antar muka pada tampilan aplikasi.  
c.         Penulisan Kode Program 
Tahap ini merupakan tahap pembuatan kode aplikasi. Pembuatan kode menggunakan tools android studio dan penulisan program menggunakan Bahasa pemrograman java. 
d.        Pengujian 
Setelah program selesai maka akan dilakukan pengujian dengan menggunakan metode Black Box Testing, guna untuk memastikan tidak ditemukannya eror atau kesalahan pada saat aplikasi dijalankan dan fungsionalitas berjalan dengan baik dan benar. 
e.         Penerapan Program 
Apabila semua tahap telah dilaksanakan dan aplikasi berjalan tanpa ada error maka aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna.
Nah, Jadi mengapa saya memilih android programming karena dari segi tools yang digunakan untuk membuat aplikasi android sudah disediakan dari perusahaan google yaitu android studio. Dimana untuk penggunan android studio sangat mudah karena sudah disediakan editor kode seperti untuk pembuatan userinterface. Hanya saja untuk memasukkan fungsi dalam setiap fungsionalitas yang ingin dibuat harus mencari source code guna menjalankan fungsi tersebut seusai dengan yang diinginkan. Meskipun dalam penggunaan android sangat mudah tetapi dalam menjadi seorang android programming juga harus memiliki kemampuan dalam mengenal Bahasa pemrograman seperti java. Ketelitian juga harus diperhatikan bagi seorang android programming. 

eiitss buat kalian yang ingin mengetahui tutorial dalam penggunaan android studio silahkan lihat video dibawah ini
referensi :






Komentar