Aplikasi Android


Bicara mengenai aplikasi android, sekarang sudah banyak aplikasi yang tersedia di dalam software android. Namun untuk mengunduh aplikasi aplikasi tersebut kita harus memiliki email google atau gmail. Yang fungsinya untuk mengunduh aplikasi melalui playstore. Playstore adalah layanan yang dimiliki oleh google, didalam playstore tersebut terdapat produk-produk seperti music/lagu, buku, aplikasi, permainan ataupun pemutar media berbasis awan. Sebelum membahas apa saja aplikasi yang tersedia di android. saya akan menjelaskan apa itu aplikasi android?

Pengertian  Android adalah software untuk perangkat mobil yang mencakup sistem operasi. Untuk pengembangan aplikasi pada platform android menggunakan Bahasa pemrograman Java.

Aplikasi adalah suatu program berbentuk perangkat lunak yang berjalan pada suatu sistem guna membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. 

Jadi aplikasi android adalah suatu program yang berjalan dalam system android guna  membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pengguna.

Berikut adalah aplikasi yang terdapat dalam sistem android :

1.        Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.


2.        Google Maps
Google maps adalah layanan pemetaan yang dikembangkan oleh google yang berfungsi
memberikan petunjuk arah ke tempat yang sesuai dengan kita tuju.  

3.        WhatsApp 
Whatsapp adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengirim pesan, gambar, telepon, video call.
Dengan menggunakan whatsapp kita dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga dimana saja dan
kapan saja.
Dari beberapa aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas, mungkin diantara kalian sudah mengenal aplikasi tersebut. Namun apakah kalian ketahui cara untuk membuat aplikasi tersebut. Sekarang dari android sendiri sudah menyediakan tools yang digunakan untuk membuat aplikasi atau mengembangkan aplikasi yang disebut dengan android studio.
Android studio merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk pengembangan aplikasi android. android studio terdiri dari berbagai komponen, diantaranya : 
1.        Layout Editor yang berfungsi untuk mengubah, menambah tampilan dalam pembuatan sebuah aplikasi (interface). 
2.        Template support untuk google service. Contohnya : tampilan untuk mengambil API dari google maps. 
3.        Terserdia emulator bawaan android. Jadi bagi pengguna yang tidak menggunakan hp berbasis android tetapi ingin mengembangkan aplikasi android tidak perlu khawatir karena android studio menyediakan emulator yang digunakan untuk merunning atau menjalankan aplikasi yang sudah dibuat.

Untuk sekarang ini bagi programming yang bingung mencari source code dalam pembuatan sebuah fungsionalitas, kini android menyediakan sebuah website resmi yang berisikan tentang langkah-langkah pembuatan aplikasi android.

Dibawah ini saya akan memberikan tutorial dalam pembuatan aplikasi android google maps


Referensi : 
















Komentar