Skill yang Paling dicari oleh "Rekruiter" melalui LinkedIn


         Mencari sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak proses yang harus dilalui. Mulai dari tes tertulis, tes kesehatan, dan wawancara. Lapangan kerja yang tebatas juga membuat persaingan mencari kerja semakin ketat. Jika kemampuan yang dimiliki standar, jangan harap bias memenangkan persaingan. 
           Selain nilai akademis, soft skill termasuk satu hal yang penting saat mencari pekerjaan. Soft Skill juga menjadi poin khusus yang akan menguntungkan si pencari kerja. Sehingga dirinya menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan bahkan posisi impiannya. 
            Selain itu, terkadang tawaran kerja juga bisa didapat melalui jejaring LinkedIn. Lalu softskill apa sajakah yang menjadi pertimbangan recruiter untuk menawarkan pekerjaan kepada seseorang lewat LinkedIn?

1. Jiwa Kepemimpinan
 
      seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan lebih mampu untuk mengurusi pekerjaannya daripada mereka yang sama sekali tidak memilikinya. Ia juga dapat menjadi seorang motivator yang dapat menginspirasi dan memengaruhi orang-orang di sekitarnya.
untuk mendapatkan jiwa kepemimpinan caranya mudah, yaitu mulailah berlatih memimpin diri sendiri lebih dulu. setelah itu, barulah berlatih untuk memimpin orang lain.

 2. Kemampuan Berbicara 

        berbicara didepan umum atau public speaking juga menjadi poin penting didunia kerja. soft skill yang satu ini bahkan seringkali membawa seseorang pada gerbang kesuksesan. Pasalnya, orang yang mampu berkomunikasi dengan baik lebih dipercaya dibandingkan dengan orang yang berbicara terbata-bata. 
untuk itu mulai dari sekarang mulailah untuk mengumpulkan keberanian lebih dulu. setelah itu, mulailah berbicara didepan cermin, baru berbicara didepan orang banyak. berlatihlah sesering mungkin karena semakin sering berbicara, semakin lihai pula dirimu saat mengolah kata-kata. 

3. Problem Solver 

       kemampuan yang satu ini berhubungan dengan kemampuan seseorang saat memecahkan dan menghadapi masalah yang ada. Dari sekian banyak pekerja, hanya sedikit diantar mereka yang mampu menjadi problem solver. wajar saja, menjadi problem solver bukanlah hal yang mudah. hanya mereka yang kritis saja yang biasanya mampu memecahkan masalah dengan baik. 
       selain memecahkan masalah, seorang problem solver juga harus memberikan solusi pada masalah yang terjadi. solusinya juga haruslah logis dan kritis yang bias diterima oleh banyak orang. 

4. Kerjasama Tim 

         kerjasama sangatlah dibutuhkan saat hendak memecahkan sebuah masalah. Adanya kerjasama juga dipercaya dapat mempercepat proses penyelesaian pekerjaan. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kemampuan ini. Akibatnya, seringkali terjadi bentrok antara sesame rekan kerja yang berakibat pada hasil kerja. 
untuk membangun kerjasama tim, dibutuhkan tingkat pengendalian emosional yang tinggi. Terlebih lagi pada masing-masing individu. Selain itu, individu juga harus sabar dan pengertian antara satu dengan yang lainnya. 

5. Mudah Beradaptasi 

          sama halnya ketika pindah rumah, seseorang yang berada ditempat kerja baru juga harus bisa beradaptasi dengan cepat. Apalagi didunia kerja yang kondisinya dapat berubah-ubah setiap saat. Kemampuan beradaptasi sangatlah penting untuk meningkatkan fleksibilitas saat bekerja. sehingga anda dapat mudah berbaur dengan rekan kerja yang lainnya.  


Referensi : 
https://kampusious.com/soft-skill-pelamar-kerja/


Komentar