ILMU SOSIAL DASAR - Implementasi dari peran mahasiswa diantara masyarakat


Dalam postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang peran dan fungsi mahasiswa di masyarakat. untuk itu saya akan memberikan sebuah contoh peran dan fungsi mahasiswa dalam bidang Social Control. 

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.
Berikut akan dijelaskan contoh dari suatu kegiatan masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Udayana. Pelaksana dari kegiatan pengabdian masyarakat in adalah panitia penyelenggara terpilih dari fungsionaris Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan mahasiswa Imu dan Teknik Pangan (ITP) angkatan 2015 yang terpilih. Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 Maret 2017 dimulai pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita, dan dilaksanakan di Banjar Mayungan, Anyar, Desa Antapan, Baturiti, Tabanan.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi tiga bentuk kegiatan. Kegiatan pertama dilakukan check IMT (indeks massa tubuh) anak-anak SD 1 Antapan.  Kegiatan ini tidak hanya check IMT saja namun juga akan diselingi dengan sosialisasi tentang penting nya mengonsumsi buah dan sayuran, dan ditutup dengan permainan games bersama. Di kegiatan kedua dilaksanakan kegiatan check kesehatan gratis yang bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Kepala Desa Antapan untuk warga Banjar Mayungan Anyar, yang dilakukan oleh Bali Youth Caregiver. Juga dilaksanakan kegiatan presentasi dan pembuatan produk jus sayur “SASATASULA” bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi, dimana dilaksanakan sosialisasi pemecahan masalah produk jus sayur yang tidak tahan lama, dan disertai dengan memberikan solusi pemecahan masalah. Dan ditutup dengan memberikan beberapa patah kalimat yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan KWT yang berpartisipasi disana.




Referensi :

1.      https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat, diakses pada tanggal 12 November 2018

Komentar