tugas 3 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN SISTEM CERDAS BAGI KEHIDUPAN SEHARI-HARI
(PADA ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM))

ATM menurut Ellen Florian (2004) adalah “alat telekomunikasi berbasis computer yang menyediakan tempat bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa membutuhkan seorang teller bank”.

ATM adalah dunia perbankan, pelayanan merupakan factor yang penting dalam menarik daya pikat nasabah. Nasabah pada umumnya akan memilih salah satu bank memilih salah satu bank yang memiliki tingkat pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelayanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah tidak hanya dari sisi pelayanan teller dan customer service saja tetapi harus dilihat dari segi penganekaragaman produk bank dalam peningkatan pelayanan ATM.
                                                                                                                
KEUNTUNGAN menggunakan ATM :
1.         Kemudahan dalam menggunakan jasa perbankan.
2.         Keleluasaan waktu pelayanan
3.         Kecepatan dan ketepatan pelayanan
4.         Keamanan pelayanan
5.         Keanekaragaman jenis pelayanan
Secara umum fungsi ATM adalah agar dapat melakukan penarikan uang tunai. Selain itu masih banyak keuntungan ATM yang dapat mempermudah kepentingan nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan seperti : informasi saldo tabungan, pembayaran tagihan telepon, kartu kredit, listrik, air, handphone, pembelian tiket pernerbangan, isi ulang pulsa, pemindahan buku tabungan, pengubahan pin.


KEKURANGAN menggunakan ATM :
1.         Rawan disalahgunakan.
2.         Transaksi harus sesuai Merchant Bank.  Apabila melakukan transaksi di toko, swalayan, dengan menggunakan merchant bank yang berbeda, maka akan dikenakan charge.
3.         Hanya bisa digunakan jika saldo mencukupi.

Pandangan kedepannya untuk Negara Indonesia dalam penggunaan Sistem Cerdas
Pandangan saya untuk Negara Indonesia kedepannya adalah mesin-mesin atm di Indonesia lebih ditingkatkan pada system keamanannya agar tidak merugikan para nasabah. Seperti pelaku kejahatan yang iseng menaruh chip pada mesin atm agar mereka dapat mengetahui pin dan menguras habis uang yang ada di atm.


Berikut akan dijelaskan tutorial cara kerja dari mesin ATM :




Referensi :
http://www.mobilspace.com/2016/10/kekurangan-menggunakan-setor-tunai-atm/  
https://www.youtube.com/watch?v=8GzYzmCJr-A 

Komentar