Tugas Pertemuan ke-2 Pengantar Animasi dan Desain Grafis


TUGAS SOFTSKILL
MAKALAH ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
“PENYEBAB TERJADINYA BANJIR”
Nama : Ajeng PursitasariNpm : 1B117868


Judul               : Cuplikan film animasi  “ Penyebab Terjadinya Banjir ”
Durasi              : 2:00
Creator            : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Adapun prinsip-prinsip animasi didalamnya, sebagai berikut :
1.      Anticipation (Antisipasi)
Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu. Dalam prinsip animasi ini didalam video terdapat pada durasi 0:13 -0:45.Yang menjelaskan tentang faktor-faktor penyebab terjadinya banjir.
2.      Staging (Pementasan)
Staging dapat mengarahkan perhatian audience pada cerita atau ide yang dibuat. Pementasan melibatkan tindakan pengaturan yang jelas dan meyakinkan.   
Dalam prinsip animasi ini didalam video terdapat pada durasi 0:48 - 1:00 yang menjelaskan tentang cara pencegahan terjadinya banjir kepada masyarakat.
3.      Timing (Pengaturan Waktu)
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan. Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar.
Dalam prinsip animasi ini didalam video terdapat pada durasi 0:18 - 0:46 terdapat beberapa gambar yang kemudian disatukan berdasarkan urutan gambar masing-masing.
4.      Slow In and Slow Out
Slow In dan Slow Out menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.
Dalam prinsip animasi ini didalam video terdapat pada durasi 1:03 – 1:34 terjadi gerakan yang relative cepat kemudian menjadi lambat. Hal tersebut dikarenakan pada durasi itu menjelaskan tentang antisipasi dalam pencegahan banjir.. 
5.      Secondary Action
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Kemunculannya lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.
Dalam prinsip animasi ini didalam video terdapat pada durasi 0:52 yang menunjukkan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah disungai, gerakan yang tunjukkannya itu adalah mengayunkan jaring dalam mengambil sampah di sungai sehigga animasi tampak lebih realistik. Durasi 0:55 gerakan dalam menyiram tanaman sehingga gambar terlihat seperti hidup.




Sumber : 







Komentar